BLS for Medical Student

By AMSA-Unsyiah - May 28, 2021

BLS FOR MEDSTUD : "BLS IN PANDEMIC COVID-19"

BLS for Medstud : “BLS in Pandemic Covid-19” merupakan rangkaian acara berupa webinar yang membahas mengenai Basic Life Support (Bantuan Hidup Dasar) dengan dua materi utama yaitu “Basic Trauma Life Support” dan “Basic Surgery Skill”. Acara ini merupakan proker tahunan dari Departeman BLS AMSA-Unsyiah yang diselenggarakan secara nasional. Peserta acara ini terdiri dari dokter, perawat atau bidan dan mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mahasiswa kedokteran dan petugas medis terkait peran petugas kesehatan dalam melakukan bantuan hidup dasar di masa Pandemi COVID-19 yang tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku saat ini. Selain itu, acara ini juga sekaligus menjadi ajang untuk memperkenalkan Departemen BLS AMSA-Unsyiah kehadapan publik.

BLS for Medstud : “BLS in Pandemic Covid-19” dilaksanakan pada tanggal 18 April 2021. Acara ini dipandu oleh moderator yaitu dr. Panji Anugerah selaku alumni member AMSA-Unsyiah. Selain itu juga ada MC non formal yaitu Shafa Rizki Azzahra selaku observer AMSA-Unsyiah yang ikut meramaikan acara ini. Acara webinar ini terdiri atas dua materi utama yaitu “Basic Trauma Life Support” dan “Basic Surgery Skill”. Acara dibuka oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala yaitu dr. Subhan Rio Pamungkas, Sp.KJ (K) , kemudian dilanjutkan dengan webinar I “Basic Trauma Life Support” yang disampaikan oleh Dr. dr. Safrizal Rahman M. Kes, Sp. OT. Sebelum penyampaian materi, peserta mengerjakan pre test dan dilanjutkan dengan menonton video yang berkaitan dengan “Basic Trauma Life Support”. Materi yang disampaikan yaitu berupa pertolongan dasar terhadap trauma yang sering dijumpai saat terjadinya bencana, kecelakaan atau peristiwa lainnya, serta dipaparkan juga mengenai perbedaan pelaksanaan BTLS tersebut di masa pandemi COVID-19 seperti saat sekarang ini. Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias dalam sesi tanya jawab ini, karena materi yang disampaikan sangat menarik dan cukup sering dijumpai di lapangan. Diharapkan dengan diadakannya Webinar I tentang Basic Trauma Life Support ini, peserta dapat memberikan pertolongan pada korban trauma yang terkena bencana, kecelakaan, atau lainnya yang bersifat gawat darurat guna mencegah terjadinya kerusakan organ ataupun kematian pada korban. Setelah sesi tanya jawab berakhir, dilanjutkan dengan sesi Ice Breaking yang dipandu langsung oleh Shafa Rizki Azzahra selaku MC non formal.




Webinar II disampaikan oleh dr. Umar Usman, M. Ked, K. Lin, Sp. BTKV dengan materi “Basic Surgery Skill”, selain menyampaikan materi dr. Umar Usman, M. Ked, K. Lin, Sp. BTKV juga mendemonstrasikan secara langsung terkait teknik dasar operasi berupa teknik mejahit dan membuat simpul. Disini terlihat jelas antusias para peserta untuk ikut mempraktikan skill yang diajarkan langsung oleh dr. Umar. Sebelum acara selesai, terdapat sesi tanya jawab dan diakhir dilanjutkan dengan foto bersama.





Selain webinar, kegiatan lain yang juga dilaksanakan adalah campaign yang dilangsungkan melalui media sosial. Hal ini bertujuan untuk mengajak publik agar dapat melaksanakan Basic Cardiac Life Support (BCLS) dimana di Indonesia sendiri sangat jarang orang awam yang dapat melakukan BCLS mandiri. campaign ini dilaksanakan dalam beberapa bentuk seperti twibbon, slogan, dan sharing materi terkait “Basic Surgery Skill” dan “Basic Trauma Life Support”.





Acara BLS for Medstud : “BLS in Pandemic Covid-19” diselenggarakan oleh Departement BLS AMSA-Unsyiah. Struktur kepanitiaan acara yaitu  DPH terdiri dari ketua pelaksana : Elisa Purwaendah, sekretaris : Putri Lili Ramadani, bendahara : Amira Sabila. Presidium terdiri dari kadiv acara : Hasibatun Nisa, wakadiv acara : Rayya Az Zahra, kadiv humas : Haykal Fathirrahman, wakadiv humas : T.M Muizzy Dinillah,  kadiv kestari : Khairun Najda, wakadiv kestari : Putri Balqis, kadiv  pubdok : Kaila Sandra, wakadiv pubdok : Abiarso Widoseno, kadiv pendanaan : Puja Sari, wakadiv pendanaan :Shafarah Maulani. Terima kasih atas partisipasinya, sampai berjumpa di acara webinar AMSA selanjutnya!


'They Call it Organization,

We Call it Family'

Viva AMSA !

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara berkembang biak, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya ingin segera menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat hati-hati - Berhati-hatilah agar tidak jatuh ke tangan scammers dan penipu, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa dalam upaya asli dan nyata,

    Saya ingin memberikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membimbing saya ke pemberi pinjaman nyata dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Anugerah, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditur kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapatkannya. Pinjaman online, kami meresmikan kami tentang masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Mrs ELINA JOHNSON yang merupakan CEO ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN.

    Maka saya dan suami mengajukan aplikasi untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak menjaga usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya ingin membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com

    Tidak hanya sampai di situ, sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda dalam berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini. Saya berdoa semoga ALLAH memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com nice day info lebih lanjut..

    ReplyDelete