CO

[Diskusi Publik] You and COVID-19

By AMSA-Unsyiah - January 22, 2021

AMSA-Unsyiah Menyelenggarakan Diskusi Publik sebagai Media Edukasi Masyarakat Terkait Vaksin COVID-19.

 

Asian Medical Students’ Association (AMSA) Universitas Syiah Kuala merupakan suatu organisasi mahasiswa kedokteran Indonesia.

Awal 2021 lalu, tepatnya pada 13 Januari 2021, vaksinasi COVID-19 mulai digelar saat Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksin. Pemerintah memutuskan vaksin COVID-19 akan diberikan secara gratis bagi masyarakat. Namun, masih banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui efektivitas serta cara kerja vaksin COVID-19.

Maka, pada 16 Januari 2021 AMSA-Unsyiah menyelenggarakan kegiatan Diskusi Publik “You And COVID-19” dengan mengangkat tema “COVID-19 vaccines are coming is this the beginning of an end?”

Salah satu narasumber yang merupakan Ketua Preventif Tim Pakar COVID-19 IDI Wilayah Aceh, dr. Ichsan, M.Sc., menyatakan “Pada tahapan awal, vaksinasi COVID-19 akan diperuntukkan bagi garda terdepan dengan risiko  tinggi,  yaitu  tenaga  kesehatan  dan  petugas  pelayanan  publik”

Lebih lanjut, Ust. Dr. Tgk. Amri Fatmi, Lc. MA, yang juga berhadir sebagai seorang narasumber pada diskusi ini juga membahas pandangan Islam terhadap vaksinasi yang masih memicu keraguan pada sebagian orang. “Vaksinasi merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang dapat kita lakukan sebagai umat manusia”, pungkas Ust. Dr.Tgk. Amri Fatmi, Lc. MA pada kesempatan itu.

Diskusi publik yang dipandu oleh dr. Zulfan selaku moderator ini berlangsung dengan antusiasme penuh dari seluruh peserta yang berhadir. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Dr. dr. Kurnia Fitri Jamil, M.Kes, Sp.PD-KPTI, FINASIM selaku salah satu bagian/KSM Ilmu Penyakit Dalam Divisi Penyakit Tropik & Infeksi FK USK/RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, yang menjelaskan terkait tata cara pelaksanaan vaksinasi COVID-19 “Penyuntikan vaksin COVID-19 harus dengan tegak lurus dan intramuscular dengan tidak bisa diberikan kepada orang-orang dengan penyakit penyerta (komorbid) tertentu”.


Ketua panitia pelaksana, M. Ridho Akbar Eljatin mengatakan, dengan mendatangkan para pakar yang kompeten di bidangnya, AMSA-Unsyiah berharap kegiatan ini mampu memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan terkait vaksinasi COVID-19.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments