EXPO - AMSA Exchange Preparation Program

By AMSA-Unsyiah - March 09, 2021

EXPO (AMSA Exchange Preparation Program) merupakan  rangkaian acara berupa seminar dan pelatihan yang membahas mengenai exchange program dan studi lanjutan di luar negeri serta persiapan berkas Application Form (AF) yang meliputi Curriculum Vitae (CV), Motivation Letter, dan Essay. Serta rangkaian acara lainnya yaitu  “TOEFL Simulation” sesuai standarisasi. Acara EXPO mengambil tema Travel Map dimana para peserta menyaksikan travel video sehingga merasakan sensasi seperti berada di luar negeri selama rangkaian acara.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan minat dan ketertarikan Member & Observer AMSA-Unsyiah dan mahasiswa/i dalam mengikuti event internasional dan exchange program atau pertukaran pelajar. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan sehingga tertarik untuk mengikuti exchange program dan melanjutkan studi ke luar negeri.









Acara EXPO dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 26-27 Desember 2020. Acara ini dipandu oleh moderator yaitu Annisa Nur Asyifa yang merupakan Member AMSA-Unsyiah. Pada hari pertama acara dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala yaitu Prof.Dr.dr.Maimun Syukri, Sp.PD-KGH.,FINASIM, kemudian dilanjutkan oleh seminar I “The Way To Study Abroad During COVID-19 Pandemic And Beyond” yang disampaikan oleh dr.Iflan Nauval, M.ScIH., Sp.GK. Setelah itu, dilanjutkan dengan seminar II “How To Manage Finance While Study Abroad”  yang disampaikan oleh dr.Novi Maulina, M.MSc. Seminar berlangsung interaktif, dimana pada sesi tanya jawab peserta dapat bertanya langsung kepada pemateri.  Kemudian dilanjutkan dengan“TOEFL Simulation” yang difasilitasi oleh Kampung Inggris dan dipandu oleh Mr.Junaidi, Ph.D. Acara hari pertama ditutup dengan Ice Breaking melalui aplikasi Kahoot secara interaktif dengan peserta.







Pada hari kedua dimulai dengan “AMSEP Session” yang dibawakan oleh AMSEP Officer AMSA-Indonesia District 1 yaitu Hanny Soraya Lubis. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan I “How To Write A Good CV & Motivation Letter” oleh Sarah Nabila Yasmin, S.E dari komunitas The Leader dan dilanjutkan dengan pelatihan II “How To Write A Good Essay” oleh dr.Rosaria Indah, M.Sc., Ph.D. Pelatihan berlangsung interaktif dari dua arah, dimana CV, Motivation Letter, dan Essay peserta ditampilkan dan diberikan kritik dan saran dari pemateri serta terdapat sesi tanya jawab sehingga acara berjalan dengan seru. Acara hari kedua ditutup dengan Ice Breaking melalui aplikasi Kahoot secara interaktif dengan peserta.



Acara EXPO dilaksanakan secara daring melalui aplikasi ZOOM Conference dan diikuti oleh 153 peserta terdiri dari Member & Observer AMSA-Unsyiah serta mahasiswa/i dari berbagai universitas di Indonesia. Acara ini juga bekerja sama dengan beberapa media partner yaitu The Leader, Kampung Inggris, VOSMED, Epitomebyessens, MedX, Edukasi Dokter, Doccourse, dan Info Beasiswa.

Acara EXPO diselenggarakan oleh Departement External AMSA-Unsyiah. Struktur kepanitiaan acara EXPO yaitu  DPH terdiri dari ketua pelaksana : Rizki Fadhlullah, sekretaris : Annisa Inayatullah, dan bendahara : Widia Putri. Presidium terdiri dari kadiv acara : Nafarah Mumtazia, wakadiv acara : Raden Roro Annisa Nur Rizky Fandita, kadiv humas : Qurrata Ayunina Putri, wakadiv humas : Azka Athasyah, kadiv kestari : Cut Ridzky Amelia Putri, wakadiv kestari : Dini Manasya Putri, kadiv pubdok : Nalliza Ancani,  dan wakadiv pubdok : Haykal Fathirrahman. Terima kasih atas partisipasinya, sampai berjumpa di acara webinar AMSA selanjutnya!

 

They Call it Organization, We Call it Family

Viva AMSA!








  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang dikirim ALLAH untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan kepada Anda semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di email saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Whatsapp Perusahaan: +1 (301) 971-4445 Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    ReplyDelete