MnD

OPERA - Open Recruitment of AMSA-Unsyiah 2020/2021

By AMSA-Unsyiah - December 18, 2020




OPERA

OPERA (Open Recruitment of AMSA) merupakan suatu rangkaian acara rutin yang diadakan setiap tahunnya di AMSA-Unsyiah. Acara ini merupakan proses perekrutan member baru untuk AMSA-Unsyiah. Berbeda dengan OPERA tahun-tahun sebelumnya, OPERA tahun ini diadakan secara daring via zoom meeting. Mulai dari sosialisasi, wawancara, welcoming party, hingga magang diadakan secara daring, mengingat pada tahun ini terjadi pandemi COVID-19 yang mewabah ke seluruh penjuru dunia membuat hampir seluruh kegiatan dialihkan menjadi metode daring. Ini menjadi suatu hal yang menantang bagi seluruh panitia OPERA, dimana mereka harus memutar otak bagaimana acara OPERA ini dapat terlihat sama serunya dengan tahun-tahun sebelumnya, meskipun acara ini dilaksanakan via daring. Maka dari itu, didapatkanlah tema konsep acara OPERA tahun 2020 ini, Traveling.

Acara ini dimulai dari sosialisasi dengan mahasiswa baru Pendidikan Dokter 2020 Universitas Syiah Kuala. Tentu saja, sosialiasinya dilaksanakan via ruang virtual zoom meeting, pada hari Minggu, tanggal 25 Oktober 2020. Acaranya berjalan lancar, peserta juga terlihat antusias dengan acara ini. Acara dimulai dengan penayangan video teaser. Lalu dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai setiap departemen yang ada di AMSA. Mulai dari Presidential Board(PB) hingga Executive Board (EB). Mereka menjelaskan tentang apa itu AMSA, visi misi AMSA, dan program kerja AMSA yang tentunya sangat menarik untuk diikuti. Setelah itu, barulah acara diambil alih oleh panitia untuk mensosialisasikan OPERA, dipandu oleh moderator yaitu Syifa Tursina, seluruh rangkaian sosialisasi OPERA akhirnya selesai pada hari itu.

Berselang beberapa hari kemudian, maka dilakukan wawancara kepada seluruh pendaftar yang berjumlah kurang lebih 120 orang. Pendaftar akan diwawancarai oleh Advisory Board dan dibantu juga oleh PB/EB serta senior AMSA lainnya. Wawancara berjalan lancar, tentunya juga via zoom meeting. Seluruh pendaftar dan pewawancara dibagi ke beberapa breakout room, dan selanjutnya dilakukan tanya jawab dengan pendaftar untuk mengetahui minat dan bakat dari mereka.

Pada hari Minggu, tanggal 15 November 2020, diadakan acara Welcoming Party. Pada tahun sebelumnya, acara ini diadakan di gedung-gedung mewah dengan live perfomance yang tentunya sangat menarik untuk diikuti. Namun, pada tahun ini harus diadakan secara virtual. Dengan mengusung tema “Traveling”, maka acara ini akhirnya berhasil di laksanakan dengan lancar. Secara garis besarnya, acara ini terbagi atas 2, yaitu acara formal dan non-formal. Acara formal dipandu oleh Safira Anisa Zalda, mahasiswa pendidikan dokter 2019. Sedangkan acara non-formal dipandu oleh Devja Multazam dan Sarah Nadia Larasati. Acara tahun ini terasa spesial karena didatangi oleh Executive Board dari AMSA-Indonesia yang memberikan materi AMSA-Session. Mereka adalah Helena Arnetta Puteri selaku Regional Chairperson of AMSA-Indonesia, Tazkiya Qalby Yusnandar selaku General Secretary of AMSA-Indonesia, dan Annisa Nur Insani selaku Treasurer of AMSA-Indonesia. Keseruan acara ini juga didukung oleh 2 orang observer baru yang menampilkan bakat terpendam mereka pada acara Welcoming Party ini. Tak lupa juga, para observer juga dipandu untuk menyiapkan magang mereka yang akan mereka adakan setelah acara Welcoming Party ini. Dear, New Observer, Welcome to AMSA-Unsyiah.

 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments