BLS

BLS Medstud 2018

By Unknown - December 04, 2018



Basic Life Support Medical Student (BLS Medstud) merupakan sebuah program kerja rutin yang dilaksanakan oleh departemen BLS AMSA-Unsyiah, yang pada kali ini mengusung tema “A Basic Relief for A Better Living”. Dengan tiga filosofi AMSA (knowledge, friendship, dan action) maka kegiatan ini mengambil dua dari filosofi tersebut yaitu knowledge dan action. Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah untuk memberikan pengetahuan bagi mahasiswa FK Unsyiah mengenai bantuan hidup dasar sehingga saat dibutuhkan mereka bisa mengaplikasikannya secara langsung ke masyarakat.

            Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni pada tanggal 10 dan 11 November 2018. Pada hari pertama para peserta diberikan materi dan latihan yang diadakan di Ruang F2 FK Unsyiah, sedangkan pada hari ke dua para peserta melaksanakan Mini Disaster Drill yang diadakan di Gedung CHSM FK Unsyiah.


Pada hari pertama, sebelum materi pelatihan dimulai para peserta melakukan Brain Gym, lalu dilanjutkan oleh pemberian materi oleh dr. Meilya Silvalila, Sp. EM mengenai resusitasi jantung-paru (RJP) dan manajemen trauma muskuloskeletal. 



Setelah itu peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan mengaplikasikan ilmu yang tadi didapat dengan didampingi oleh Trainer AMSA-Unsyiah.


Pada hari kedua, peserta melakukan simulasi melalui Mini Disaster Drill dimana tempat dan probandus telah dipersiapkan sedemikian rupa oleh panitia seolah-olah terlihat seperti kejadian pasca bencana. Sebelum dilakukan simulasi peserta diberikan arahan oleh panitia.



Setelah dilakukan briefing peserta melakukan simulasi. Disini peserta secara langsung menerapkan ilmu yang kemarin telah didapatnya.




Setelah simulasi seluruhnya selesai, para peserta dievaluasi oleh juri yang menilai selama simulasi berlangsung. BLS MedStud diadakan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa FK Unsyiah agar siap saat menghadapi situasi genting dan siap menjadi relawan apabila dibutuhkan.


Sampai jumpa di acara AMSA-Unsyiah selanjutnya!

They call it organization, we call it family
Viva AMSA!



  • Share:

You Might Also Like

0 comments