Strukturisasi AMSA-Unsyiah 2018/2019

By AMSA Unsyiah - November 15, 2018



Visi: 
Mengaktualisasikan AMSA-Unsyiah sebagai organisasi berbasis kekeluargaan yang didukung dengan pengembangan intelektual untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Misi: 
1. Meningkatkan silaturahmi antar sesama member demi menciptakan rasa kesatuan sebagai keluarga besar AMSA-Unsyiah.
2. Meningkatkan minat dan potensi member dalam bidang softskill maupun hardskill sebagai bentuk persiapan dalam persaingan global.
3. Mengimplementasikan aksi secara nyata terhadap masyarakat.


Presidential Board

Representative : Dera Senti Agchani
Representative adalah peran pemimpin AMSA-universitas yang bertanggung jawab terhadap seluruh aktivitas AMSA-Universitas.

Vice Representative : Firlly Fadjriansyah Arifian
Vice Representative merupakan peran yang membantu dan mendampingi Representative dalam bertanggung jawab terhadap seluruh aktivitas AMSA-Universitas.

General Secretary : Dhiatama Endalif
General Secretary adalah peran yang membantu dan mendampingi Representative dalam segala hal administrasi AMSA-Universitas.

Treasurer : Klarina Elsa Siti Sarah
Treasurer merupakan peran yang membantu dan mendampingi Representative dalam segala hal keuangan AMSA-Universitas.


Executive Board

1. Academic

Chief: Nadhila
Secretary: Pocut Dara Muchtar

Departemen Akademik merupakan salah satu departemen AMSA-Unsyiah yang berlandaskan salah satu filosofi AMSA-Unsyiah yaitu Knowledge. Departemen Akademik memiliki beberapa program kerja antara lain: Amsapedia, Local Academic Training, Bantai OSCE, Amsa Debate Class, Amsa Academic Competition, Misoprostol, Training EKG dan Ready For Abroad. Departemen ini berperan sebagai wadah dalam pengembangan bidang akademik member AMSA-Unsyiah, meningkatkan intelektual, wawasan,dan mengasah skill member AMSA-Unsyiah dalam pesiapan menjadi tenaga medis, serta menambah prestasi member AMSA-Unsyiah dalam bidang Akademik baik dalam kancah regional, nasional, maupun internasional. 

Departemen Akademik juga turut membantu memfasilitasi member AMSA-Unsyiah dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar, pelatihan debate secara rutin yang dibimbing langsung oleh senior AMSA-Unsyiah dan Dokter yang berkompeten dan berpengalaman, simulasi OSCE yang tentunya bermanfaat bagi mahasiswa baru, terlebih lagi pelatihan pemasangan EKG serta pelatihan interpretasi elektrokardiogram yang merupakan indikator penting sebagai calon dokter. Tidak lupa, Misoprostol yang merupakan langkah awal bagi mahasiswa semester akhir dalam menghadapi skripsi dan Ready For Abroad, sebuah acara seminar yang mengajarkan kita bagaimana memperoleh beasiswa luar negeri dan melatih cara membuat CV serta motivation letter yang baik, benar, dan menarik. 

Akademik AMSA-Unsyiah merupakan tempat bagi seluruh member AMSA-Unsyiah untuk memperluas wawasan dan keterampilan dalam persiapan menjadi seorang dokter serta menjadikan hari-hari dalam berorganisasi menjadi lebih bermakna dan bermanfaat.

“Sharing Knowledge and Feel the Energy  
A for Academic
A for AMSA.”

2. Membership and Development (MnD)

Chief: Rangga Juliar Adista
Secretary: Cut Tasya Ramadhani
         Departemen Membership and Development merupakan departemen yang bertanggung jawab penuh dalam perekrutan anggota dan  segala hal yang berkaitan dengan keanggotaan. Segala program kerja yang MnD laksanakan adalah program yang menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dan kebersamaan setiap insan yang tergabung dalam keluarga besar AMSA-Unsyiah sendiri. Namun, pada hakikatnya kami tidak hanya terfokus pada program kerja saja, MnD merupakan departemen yang akan dilihat dalam kesehariannya. Divisi Mnd juga mengawasi dan mendeteksi dini segala masalah yang menghambat jalannya organisasi untuk dicari jalan keluarnya di masing-masing divisi. Hal ini untuk mengembangkan AMSA-Unsyiah sebagai organisasi yang berkualitas dan memiliki anggota yang memiliki skill, knowledge, dan memiliki sifat sosial

        Di MnD kita juga bisa bersosialisasi, bertemu banyak orang, dan mendapat berbagai pengalaman baru. Karena tugas utama MnD adalah untuk menjaga dan mempererat kekeluargaan dalam AMSA, tentu anggota MnD harus bisa dekat dengan semua anggota AMSA dari berbagai latar belakang dan angkatan. Sehingga AMSA bukan hanya sekedar organisasi, tapi juga keluarga. Selain itu, kami juga berusaha semaksimal mungkin untuk menampung dan mengembangkan minat dan bakat  member di berbagai aspek. Itu semua kami lakukan demi AMSA-Unsyiah yang inovatif dan kreatif.

3. AMSA Exchange Program (AMSEP)

Chief: Siti Nurbalqis
Secretary: Nurul Nazira

AMSEP (Asian Medical Student Exchange Program) mengirimkan delegasi-delegasi terbaik ke berbagai tempat untuk mendapatkan pengalaman dan pembelajaran seperti filosofi AMSA yaitu knowledge, action dan friendship. Biasanya dapat berlangsung selama beberapa dan terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang dinaungi oleh AMSEP adalah Hosting Inbound, AMSEP Gathering, Prediction, dan Pendelegasian Member AMSA-Unsyiah.

4. Basic Life Support (BLS) 

Chief: Muhammad Alief Jody Pratama
Secretary: Vera Ferina Melani

Departemen BLS adalah salah satu dari tujuh departemen AMSA-Unsyiah. Departemen BLS ini berfungsi untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan tentang skill Bantuan Hidup Dasar atau Basic Life Support baik kepada member Amsa-Unsyiah ataupun masyarakat luar. Skill BLS ini sangat dibutuh sebagai salah satu langkah yang dilakukan untuk mempertahankan kehidupan pada saat penderita mengalami keadaan yang mengancam nyawa. 

Departemen BLS memiliki beberapa program kerja seperti BLS for Medical Student, BLS for New Trainer, BLS Eksternal, Upgrading Trainer dan BLS for OSCE dimana semua program kerja ini memiliki tujuan untuk meningkatkan soft skill member AMSA-Unsyiah ataupun masyarakat luas tentang pentingnya Basic Life Support dalam kehidupan sehari-hari. Dimana disetiap program kerja ini akan ada pemateri dan simulasi mengenai materi Basic Life Support

Departemen BLS juga memiliki inventaris AMSA-Unsyiah berupa  2 buah manekin Full Body, 4 buah manekin Half Body, 4 buah manekin Baby. Manekin tersebut merupakan bantuan dari pihak AMDA yang diberikan kepada Amsa-Unsyiah. Selain itu AMSA-Unsyiah juga memiliki bidai panjang dan pendek, mitella, platengga, funda, ambubag dewasa serta kotak P3K yang dapat digunakan selama latihan dan simulasi.

                 "Learn Basic Life Support and safe life.”

5. Finance
Chief: Ayu Humaira
Secretary: Muthia Ara Agusti Ayu

Departemen Finance merupakan satu-satunya departemen yang bergerak dalam bidang keuangan. Departemen ini  bertanggung jawab dalam menghimpun dana demi memenuhi kebutuhan keuangan AMSA-Unsyiah dan membangun kerjasama sponshorship.

Beberapa program kerja Departemen Finance yaitu menjual merchandise baik itu dari AMSA-Unsyiah maupun AMSA-Indonesia berupa, stiker, gantungan kunci, lanyard, topi, notebook, dan menjual baju PDH yang dapat digunakan sebagai tanda identitas member AMSA yang biasa digunakan dalam berbagai acara AMSA. Tidak hanya itu, Departemen Finance juga membangun kerjasama dengan beberapa instansi untuk mempermudah kegiatan AMSA-Unsyiah  dan memberikan keuntungan bagi member AMSA-Unsyiah sendiri.

“Happiness is not in the mere possession of money, it lies in the joy of achievement, in the thrill of creative effort." - Franklin D. Roosevelt.

6. Publication and Promotion (PnP)

Chief: Fuad Hadyan R
Secretary: Fannia Yasmine

Departemen Publication and Promotion adalah departemen yang bergerak dalam bidang desain, publikasi, dan promosi seluruh kegiatan AMSA-Indonesia serta AMSA-Unsyiah baik kegiatan internal maupun eksternal. 

    Departemen PnP sendiri memiliki beberapa program kerja, seperti pelatihan desain poster publik, photography competition, mading, media sosial dan website, birthday member, monthly fact, greeting card, dan promotional video.

Departemen PnP juga sebagai saksi yang akan mengabadikan setiap momen-momen berharga baik AMSA-Indonesia maupun AMSA-Unsyiah, karena kami mempunyai slogan :

“Photography is a way of feeling, of touching, of loving. What you have caught on film is captured forever.. it remembers little things, long after you have forgotten everything”. - Aaron Siskind -



7. Community Outreach (CO)

Chief: Rizki Maulana
Secretary: Putri Hijrah Firza

CO (Community Outreach) adalah salah satu departemen dalam AMSA-Unsyiah yang berfokus pada aksi kemanusian dan setiap program kerjanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan dalam masyarakat maupun kesehatan masyarakat individu, dengan cara memberikan penyuluhan, konsultasi kesehatan dan juga kesehatan sosial secara langsung. Program kerja terbesar dari CO AMSA-Unsyiah adalah MASATER.

Community Outreach memberikan penyuluhan, edukasi serta pemeriksaan yang dilaksanakan dalam program kerja tahun ini, seperti Global Handwashing Day (GHD), World Diabetic Day, AMSA Saweu Gampong, We Care We Share, World Ear Day dan program bakti sosial yaitu MASATER.

Seluruh program kerja CO juga bertujuan untuk meningkatkan taraf dari kesehatan masyarakat yang berawal dari hal-hal terkecil untuk membangkitkan kesadaran akan menjadi masyarakat yang sehat.

Selain berdampak langsung pada masyarakat, CO juga membantu untuk mengembangkan skill yang didapatkan mahasiswa kedokteran dibangku perkuliahan untuk lebih mengambil pengalaman dari skill cara pemeriksaan maupun penyuluhan dimana terdapat pada program kerja CO.
           

Advisory Board
Iswan Ramdhana
Aqil Yuniawan Tasrif
Shintia Aritha
Alief Afrisiammy Wijaya
Teuku Avicenna
Salsabila Charissa Medina
Ulfa Jazila


Advisory Board merupakan member senior AMSA-Unsyiah yang memiliki peran sebagai pemberi saran kepada PB dan EB yang menjabat sehingga AMSA-Unsyiah akan selalu berkembang menjadi lebih baik hingga tahun-tahun kedepannya.

Promotional Video of AMSA-Unsyiah 2018/2019


  • Share:

You Might Also Like

0 comments