BANTAI OSCE 2018

By AMSA-Unsyiah - November 29, 2018

"Belajar Bareng AMSA Agar Tidak Inhal OSCE"

OSCE (Objective Structured Clinical Examination) adalah salah satu metode untuk menguji kompetensi klinik mahasiswa secara objektif dan terstruktur yang spesifik dengan serangkaian simulasi dalam bentuk rotasi stase dengan alokasi waktu tertentu. Diharapkan dengan ujian ini kedepannya mahasiswa dapat menerapkan kemampuan klinis dalam aktivitas sehari-hari selama menjadi petugas medis.

Pada hari minggu, 25 November 2018, telah dilaksanakan suatu kegiatan tahunan oleh salah satu departemen AMSA-Unsyiah, Academic, yaitu kegiatan "Belajar Bareng AMSA Agar Tidak Inhal OSCE" ataupun biasa disingkat sebagai "BANTAI OSCE". Kegiatan ini bertempat di Gedung F Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Aceh. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan bagi para peserta, khususnya angkatan 2018 untuk melakukan simulasi OSCE perdana dengan bantuan fasilitas dan alat peraga yang mendukung kegiatan agar menjadi lebih nyata seperti ujian sesungguhnya. 






Kegiatan BANTAI OSCE ini dilengkapi dengan aturan-aturan yang menyerupai ujian OSCE, mulai dari waktu pelaksanaan yang dibuat sama pada setiap stase hingga menghadirkan penguji yaitu dari kakak-kakak senior AMSA-Unsyiah sehingga dapat memberikan masukan-masukan kepada para peserta terkait keterampilan yang diuji. 




Setelah semua peserta melakukan simulasi OSCE, selanjutnya para peserta mengikuti sesi evaluasi. Pada kesempatan ini, para peserta mendapatkan video pembelajaran OSCE semester pertama dan beberapa pengarahan dan masukan mengenai keterampilan yang telah diuji oleh para senior yang telah berpengalaman. 



Para peserta, khususnya angkatan 2018, tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi latihan bagi para peserta untuk mengasah dan menguji persiapan mereka sebelum memasuki ujian OSCE sesungguhnya. Sehingga, para peserta menjadi lebih yakin dan terlatih dan diharapkan lulus 100% dengan nilai memuaskan pada ujian perdana.


      
Sampai berjumpa pada acara AMSA-Unsyiah selanjutnya!

They Call It Organization, We Call It Family.
VIVA AMSA!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments