AMSA Academic Competition 2018

By AMSA Unsyiah - June 07, 2018

AMSA Academic Competition merupakan acara yang terdiri dari 2 jenis lomba, Debate Competition for High School dan Photography & Videography Competition

1. Kompetisi Debat Bahasa Inggris Siswa/i SMA di Banda Aceh dan sekitarnya



            Kompetisi debat bahasa inggris ini ditujukan untuk siswa/i SMA di Banda Aceh dan sekitarnya. Dari hasil open registration ada 5 team yang terdaftar sebagai peserta, yaitu : SMAN 10 Fajar Harapan, SMAN 2 Banda Aceh, SMA Methodist Banda Aceh A, SMA Methodist Banda Aceh B, dan SMAN 1 Tapaktuan. Setiap tim memiliki 3 anggota dimana setiap anggota berperan sebagai first speaker, second speaker, dan third speaker. Kompetisi debat bahasa inggris ini menggunakan gaya Asian Parliamentary dengan SISTEM PRELIM



            Dalam sebuah pertandingan debat terdiri dari 2 tim yang bertanding dengan 1 motion debat yang sudah diumumkan pada saat launching motion. Pertandingan dilaksanakan dengan tahapan seleksi yaitu Preliminary 1, dan Preliminary 2. Juri memberikan poin dan membuat peringkat untuk menentukan 4 tim yang masuk ke Semifinal. Selanjutnya, 4 tim yang sudah masuk ke semifinal akan menghadapi 1 motion dan diperingkatkan kembali untuk menentukan 2 tim yang masuk ke Final dan untuk juara 3 akan ditentukan berdasarkan poin teratas. Pada akhirnya, didapatkan juara 1, 2, dan 3 yaitu Juara 1 : SMA Methodist Banda Aceh (B); Juara 2 : SMAN 10 Fajar Harapan; dan Juara 3 : SMAN 1 Tapaktuan. Pemenang debat mendapatkan hadiah uang tunai dan sertifikat.


2.      Lomba Fotografi dan Videografi


Perlombaan fotografi dan videografi AAC 2018 kali ini bertemakan “Awareness of Personal Hygiene”. Peserta diharuskan untuk mempersiapkan karya terbaik mereka sesuai dengan tema yang sudah ditentukan  tersebut. Alur perlombaan dimulai yaitu pertama, peserta mendaftar dan membayar biaya pendaftaran Rp25.000,- Kemudian peserta mengumpulkan karya mereka ke e-mail AMSA Unsyiah pada tanggal 22 Februari sampai dengan 8 Maret 2018. Karya yang sudah dikirim dan sesuai dengan ketentuan kemudian di-posting di akun Instagram AMSA Unsyiah, untuk fotografi, dan akun Youtube AMSA Unsyiah untuk videografi. Tujuan dilakukannya hal tersebut adalah untuk dapat mengadakan online voting, dimana salah satu penilaian ditinjau dari jumlah like yang didapatkan secara online voting tersebut. Setelah itu, pada tanggal 18 Maret 2018 peserta mempresentasikan hasil karyanya tersebut di depan juri. Penilaian oleh juri merupakan nilai akhir untuk penentuan pemenang.


Dari hasil perlombaan fotografi didapatkan Juara 1: Dera Senti Agchani (Mahasiswi Pendidikan Dokter FK Unsyiah 2016) dengan judul “Healthy Food Healthy Life”; Juara 2 : Maisarah Sofyan (Mahasiswi Pendidikan Dokter FK Unsyiah 2017) dengan judul “Kuku Bersih Tanda Sehat”; Juara 3 : Lasauva Yardha (Mahasiswi Pendidikan Dokter FK Unsyiah 2016) dengan judul “Prinsip Steril Harga Mati”; dan Juara Favorit : Muhammad Arif Hasan (Mahasiswa Pendidikan Dokter FK Unsyiah 2016) dengan judul “Biarkan Masker Melindungimu”. Sedangkan untuk lomba videografi didapatkan pemenang yaitu Satrya Dita Al-Qorny (Mahasiswa Pendidikan Dokter 2016) dengan judul “Awareness in Personal Health”. Masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai dan sertifikat.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments