National Leadership Training 2018

By AMSA Unsyiah - May 15, 2018

NLT 2018

          National Leardership Training (NLT)  merupakan salah satu dari 5 acara AMSA yang berskala Nasional, setiap tahun nya NLT diadakan di kota yang berbeda. Acara ini bertujuan untuk  menciptakan kader-kader AMSA Indonesia yang bijaksana dan berperilaku kepemimpinan yang berakhlak serta bertanggung jawab, dan juga untuk mempererat tali silaturahim antar seluruh anggota AMSA se-Indonesia. Pada tahun ini, yang berkesempatan menjadi host NLT adalah Universitas  Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah.


          Pada hari jum’at tanggal 27 April 2018, general delegates  AMSA – UNSYIAH (Alief Afrisiammy Wijaya , Nurul Nazira , Nur Nadia ) menuju ke bandara Sultan  Iskandar Muda untuk segera berangkat ke Solo, perjalan  dari Banda Aceh ke Solo memakan waktu kurang lebih 4 jam.  Setelah sampai di bandara  Sumarmo para delegates langsung melanjutkan perjalan ke balai kelurahan manahan dan di sambut oleh LO (Basundara) setelah itu para delegasi langsung mengikuti acara WELCOMING PARTY yang diikuti  oleh seluruh delegasi NLT 2018 yang bertempatan di balai kelurahan manaham. Disini, merupakan kesempatan awal untuk berkenalan dengan para delegasi dari AMSA universitas lain , makan  malam bersama, dan  juga di adakan perkenalan dari 2 calon regional chairperson AMSA – Indonesia berikutnya,  yang menggantikan RC sebelumnya yaitu Elvira Lesmana  . Acara WELCOMING PARTY pun  berjalan dengan baik dan sangat menyenangkan tentunya,. Setelah  WELCOMING PARTY selesai , semua delegasi dimobilisasikan menju ke yonif mekanis 413 kastrad untuk beristirahat di tempat yang telah dipersiapkan.


          Sabtu pagi , 28 april 2018 , pukul 04.00 WIB mornig call untuk seluruh delegasi, setelah melakukan beberapa persiapan ,dengan memakai kaos NLT , celana training panjang , sepatu olahraga seluruh delegasi  dikumpulkan di aula yonif  mekanis 413 kastrad dan melakukan sarapan bersama ,  dan di berikan kata-kata sambutan oleh bapak tentara. kemudian , seluruh kelompok berjalan menuju pos masing masing untuk memainkan game  yang telah di persiapkan oleh panitia dan tentara. pada pagi itu, delegasi banyak belajar hal terkait  leadership dan kerja sama antara  delegasi.  acaranya pada pagi itu  berlangsung dengan seru selama 6 jam. setelah acara pagi itu selasai , delegasi dikumpulkan di lapangan dan di laksanakan foto bersama dengan seluruh delegasi dan EB AMSA-Indonesia , serta panitia. setelah sesi foto bersama selesai delegasi  dimobilisasikan menuju hotel mageland untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk acara selanjutnya. Seluruh delegasi bersiap-siap ke ballroom hotel mageland untuk  mengikuti acara selanjutnya. Pada pukul 15:30 – 18:10 seluruh delegasi mengikuti acara skill development tentang psikatri dengan tema bipolar  yang di pandu oleh dokter  dari UNS, setelah acara skill developmet, delegasi juga mengikuti acara small group discussion yang di pimpin oleh 1 moderator dan membahas tentang  AMSA, setalah  acara tersebut selesai para delegasi pun beristirat dan bersiap-siap untuk acara FAREWELL PARTY.


          Pada pukul 19:20 – 22:00 acara FAREWELL PARTY pun dimulai di Ballroom Hotel Mageland. semua delegasi memakai dress code (semi formal) laki-laki : navy,  perempuan: pink pastel , semua delegasi terlihat cantik dan tampan. Acara ini di awali dengan kata sambutan dari RC AMSA Indonesia, Elvira Lesmana serta Representative AMSA-UNS. Selanjutnya makan malam bersama , kemudian setelah makan bersama juga di umumkan best delegasi dan best kelompok delegasi, di pandu oleh MC yang cantik dan tampan. Setelah itu juga ada penampilan dari seluruh panita NLT2018 AMSA-UNS yang berjalan dengan sangat meriah. Terakhir, foto bersama antara EB AMSA-Indonesia 2017-1018, panita , dan seluruh delegasi , setelah acara selesai seluruh delegasi kembali ke hotel. Hari kedua di akhiri  dengan rapat tatap muka (RTM) dengan seluruh perwakilan untuk menentukan universitas hosting event nasional berikutnya.

          Hari terakhir NLT 2018!!  Minggu 29 april 2018 para delegasi dari AMSA-UNSYIAH tidak bisa mengikuti acara yang telah di persiapkan oleh AMSA universitas sebelas maret, yaitu berupa social action dan city tour, dikarenakan jadwal pesawat terbang yang sangat riskan untuk ketinggalan pesawat:’))

  • Share:

You Might Also Like

0 comments