APH

CAPSID (Campaign About AIDS Prevention and Study of HIV Without Discrimination) 2017

By AMSA Unsyiah - March 24, 2018

World AIDS Day 2017


                Setiap tahunnya, tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia atau yang lebih familiar dengan World AIDS Day oleh seluruh masyarakat di dunia. Tangggal ini diperingati sebagai metode untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pengetahuan mengenai cara penularan dan pencegahan penyakit AIDS kepada masyarakat. Selama ini, banyak masyarakat yang memiliki stigma/anggapan yang tidak baik terhadap pengidap HIV/AIDS sehingga para penderita HIV/AIDS sering merasa diabaikan dan dikucilkan. Padahal, apabila masyarakat mengerti apa itu HIV dan AIDS serta cara penularannya, penderita HIV dan AIDS akan mendapatkan dukungan yang lebih baik dalam menghadapi penyakitnya. Oleh karena itu, para mahasiswa kedokteran yang bergabung ke dalam AMSA-Unsyiah mengadakan sosialisasi mengenai HIV dan AIDS serta kampanye kesehatan dalam rangka World AIDS Day 2017 di Lapangan Blang Padang pada hari Minggu, 2 Desember 2017 lalu.


                World AIDS Day 2017 oleh AMSA-Unsyiah diperingati melalui acara CAPSID (Campaign About AIDS Prevention and Study of HIV Without Discrimination) yang terdiri dari dua rangkaian yaitu melalui kampanye kesehatan online dan offline. Secara online, member AMSA-Unsyiah mengupload foto dirinya dengan screen poster World AIDS Day 2017 AMSA-Unsyiah di akun sosial media masing-masing disertai caption mengenai pentingnya pengetahuan masyarakat tentang HIV dan AIDS yang lebih baik. Selain itu, member AMSA-Unsyiah juga melakukan kampanye kesehatan secara langsung (offline) kepada masyarakat yang berkunjung ke Lapangan Blang Padang dengan menghampiri pengunjung satu per satu melalui poster kesehatan. Tidak hanya itu, para relawan juga memberikan challenge kepada pengunjung untuk mengambil foto bersama Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) pada booth WAD yang telah disediakan sembari merangkul ODHA tersebut.





                Dengan adanya kampanye World AIDS Day 2017 ini, diharapkan masyarakat akan lebih mengerti apakah HIV dan AIDS sebenarnya dan dapat menghapus stigma yang telah terbentuk terhadap penderita HIV dan AIDS.






World AIDS Day 2017, Let’s Break the Stigma!
"Hate The Disease, Not The Diseased"


They Call It Organization, We Call It Family
VIVA AMSA

  • Share:

You Might Also Like

0 comments