BLS

BLS MedStud (Basic Life Support Medical Students) 2018

By AMSA Unsyiah - March 30, 2018

Basic Life Support Medical Students 2018


Basic Life Support Medical Students (BLS Medstud) merupakan salah satu program kerja BLS AMSA-Unsyiah yang mencakup 2 filosofi yaitu knowlede dan action. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan bantuan hidup dasar kepada mahasiswa FK Unsyiah sehingga bisa diaplikasikan ke masyarakat secara langsung saat dibutuhkan.

            Pelatihan ini dilakukan selama 3 hari pada tanggal 16-18 Februari 2018 di FK Unsyiah dengan 2 agenda utamanya yaitu TOT dan Simulasi. TOT dilakukan pada tanggal 16-17 Februari di Gedung Psikologi FK Unsyiah, sementara Simulasi dilakukan pada tanggal 18 Februari di Gedung CHSM FK Unsyiah.


            Pada hari pertama, peserta mendapat pelatihan berupa Resusitasi Jantung Paru (RJP) oleh dr. Nurkhalis, Sp.JP (K). Setelah beberapa menit mendapat materi, peserta diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan materi yang didapat pada manekin yang telah disediakan. Dengan dibimbing oleh Trainer dari AMSA-Unsyiah peserta mengaplikasikan ilmu yang didapat.



            Pada hari kedua, peserta mendapat pelatihan Trauma Muskuloskeletal oleh dr. T. Nanta Aulia, Sp.OT. Setelah beberapa menit mendapat materi peserta dengan dibimbing dokter mempraktikkan ilmua yang telah didapat.



Pada hari ketiga, peserta melakukan simulasi yang telah dipersiapkan dengan baik oleh panitia di gedung CHSM FK Unsyiah. Sebelum simulasi diberikan arahan kepada peserta.


Setelah briefing dilakukan peserta masuk ke ruangan simulasi yang berisi probandus dan tempat yang telah diatur menyerupai kejadian pasca gempa. Peserta BLS Medstud dengan semangat mempraktikkan ilmu yang telah didapat selama 2 hari TOT.


Di akhir, setelah simulasi selesai dilakukan evaluasi kepada peserta BLS Medstud dengan dibimbing juri yang menilai selama simulasi berlangsung. BLS Medstud diadakan dengan tujuan untuk mendidik member AMSA-Unsyiah agar siap menghadapi situasi genting bilamana dibutuhkan. Diharapkan peserta siap menjadi relawan.


Lalu setelah melewati rangkaian BLS MedStud, tahap terakhir untuk menjadi Trainer BLS AMSA-Unsyiah adalah mengikuti BLS for Trainer, yang diadakan pada tanggal 4 Maret 2018 di Gedung F FK Unsyiah. Pada tahap terakhir ini para peserta yang telah mengikuti TOT dan juga simulasi BLS MedStud akan dievaluasi kemampuannya oleh senior-senior Trainer BLS AMSA-Unsyiah.





Selamat kepada para Trainer BLS AMSA-Unsyiah yang baru dan semoga ilmu yang telah kalian dapat bisa kalian ajarkan kepada orang lain kembali.


They Call It Organization, We Call It Family
VIVA AMSA

  • Share:

You Might Also Like

0 comments