Strukturisasi Kepengurusan AMSA-Unsyiah 2017-2018.

By AMSA Unsyiah - September 25, 2017


Visi:

AMSA-Unsyiah sebagai organisasi mahasiswa kedokteran yang mewadahi dan memfasilitasi pengembangan intelektual, berdedikasi langsung pada masyarakat, dan berkolaborasi secara aktif dalam membangun relasi yang luas.

Misi:

  1. Membangun, mewadahi, dan memperkuat hubungan baik antar sesama member sebagai kesatuan keluarga.
  2. Mengembangkan potensi dan skill member sebaik-baiknya untuk menciptakan inovasi dan persiapan menjadi tenaga medis.
  3. Mengoptimalkan dampak postif terhadap masyarakat secara nyata.


Presidential Board

  • Representative : Alief Afrisiammy Wijaya
    • Representative adalah peran pemimpin AMSA-universitas yang bertanggung jawab terhadap seluruh aktivitas AMSA-universitas.

  • Vice Representative : Naufaldy Rifqiaulia Noerda
    • Vice Representative merupakan peran yang membantu dan mendampingi Representative dalam bertanggung jawab terhadap seluruh aktivitas AMSA-universitas.

  • General Secretary : Salsabila Munirah Amir
    • General Secretary adalah peran yang membantu dan mendampingi Representative dalam segala hal administrasi AMSA-universitas.

  • Treasurer : Ulfa Jazilla
    • Treasurer merupakan peran yang membantu dan mendampingi Representative dalam segala hal keuangan AMSA-universitas.



Executive Board


1. Academic


    • Chief: Sekar Ayu Utari Kamil
    • Secretary: Putri Mentari

Departemen Akademik merupakan salah satu dari tujuh departemen AMSA-Unsyiah yang berlandaskan salah satu filosofi AMSA-Unsyiah yaitu Knowlage. Departemen Akademik memiliki beberpa program kerja antara lain; Amsapedia,Local Academic Training, Bantai OSCE, Amsa Debate Club, Debate Competition, Misoprostol, Dan Ready For Abord. Departemen ini berfungsi untuk pengembangan aktifitas akademik member AMSA-Unsyiah dan meningkatkan intelektual ,wawasan,dan mengasah skill member AMSA-Unsyiah dalam pesiapan menjadi tenaga medis.

Departemen Akademik juga menjadi wadah bagi member AMSA –unsyiah dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar,pelatihan debate secara rutin yang dibimbing langsung oleh senior Amsa dan Dokter yang berkompeten dan berpengalaman, terlebih lagi terdapat simulasi OSCE yang tentunya bermanfaat bagi mahasiswa baru. Selain didalam lingkungan fakultas, Akademik Amsa-Unsyiah juga ikut berkontribusi dalam bidang akademik diluar kampus, salah satunya dengan mengadakan kompetensi debate dikalangan siswa/i SMA di Banda aceh dan sekitarnya. Adapulamisoprostol yang merupakan langkah awal bagi mahasiswa semester akhir dalam menghadapi skripsi.Selain itu juga terdapat program kerja yang dinamai  Ready For Abord, sejenis seminar yang mengajarkan kita bagaimana memperoleh beasiswa luar negeri  dan memberi gambaran kehidupan mahasiswa di luar negeri.

Akademik amsa merupakan tempat bagi orang orang yang ingin menambah ilmu,sesuai dengan slogan

"Knowledge is power, so never stop learning and unlock the golden of freedom".


2. Membership and Development (MnD)


    • Chief: Muhammad Faris Alfianto
    • Secretary: Lasauvayardha

Departemen Membership and Development merupakan departemen dalam lingkup internal untuk perekrutan anggota dan bertanggung jawab dalam seluruh hal berkaitan dengan keanggotaan. Program-program yang dilaksanakan MnD adalah program yang mengutamakan kebersamaan dari masing-masing anggota, agar tercipta keakraban di kalangan AMSA-UNSYIAH sendiri. Divisi Mnd juga mengawasi dan mendeteksi dini segala masalah yang menghambat jalannya organisasi untuk dicari jalan keluarnya di masing-masing divisi. Hal ini untuk mengembangkan AMSA-UNSYIAH sebagai organisasi yang berkualitas dan memiliki anggota yang memiliki skill, knowledge, dan memiliki sifat sosial

Di MnD kita juga bisa bersosialisasi, bertemu banyak orang, dan mendapat berbagai pengalaman baru. Karena tugas utama MnD adalah untuk menjaga dan mempererat kekeluargaan dalam AMSA, tentu anggota MnD harus bisa dekat dengan semua anggota AMSA dari berbagai latar belakang dan angkatan. Sehingga AMSA bukan hanya sekedar organisasi, tapi juga keluarga.

“This is our comfort zone, and we dare you to join AMSA!!!”
“They call it organization , we call it family”


3. AMSA Exchange Program (AMSEP)


    • Chief: Islah Nadila
    • Secretary: Intan Chaharunia Mulya

            AMSEP (Asian Medical Student Exchange Program biasanya berlangsung selama 7 hari, tediri atas academic ativity, social activity, cultural activity, dan city tour. AMSEP merupakan program timbal balik sbb :
  • Hosting Inbound: AMSEP Indonesia menerima delegates dari AMSA-Chapter yang sama dengan AMSA-Chapter sebagai hosting outbound selanjutnya/sebelumnya.
  • Hosting Outbound: AMSEP Indonesia mengirimkan delegates kepada AMSA-Chapter yang diajak bekerja sama. Seluruh member AMSA-Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi delegates setelah memenuhi persyaratan/dokumen.

"AMSEP creates opportunities for preclinical and clinical exchange between AMSA Chapters."


4. Basic Life Support (BLS) 

    • Chief: Muhammad Arif Hasan
    • Secretary: Rona Puspa Sari

            Departemen BLS adalah salah satu dari tujuh departemen AMSA-Unsyiah. Departemen BLS ini berfungsi untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan tentang skill Bantuan Hidup Dasar atau Basic Life Support baik kepada member Amsa-Unsyiah ataupun masyarakat luar. Skill BLS ini sangat dibutuh sebagai salah satu langkah untuk mempertahankan kehidupan pada saat pasien atau korban mengalami keadaan yang mengancam jiwa.

            Departemen BLS memiliki beberapa program kerja seperti Video Simulasi Skill BLS ,BLS for Medical dan BLS for New Trainer. Video BLS akan menjadi media yang akan mempermudah masyarakat luas untuk mengetahui BLS melalu simulasi yang akan dimuat dalam video. Pemberian materi dan pelatihan untuk mahasiswa FK Unsyiah sendiri akan dilakukan BLS for Medical, dimana nanti akan ada pemaparan materi dan dilakukan simualsi dalam kelompok-kelompok kecil. Setelah mahasiswa melewati beberapa tahap pembelajaran , maka akan dilakukan pengujian untuk mencari trainer BLS yaitu melalui BLS for New Trainer.

             Departemen BLS juga memiliki inventaris Amsa-Unsyiah berupa beberapa manekin yang dapat digunakan selama latihan dan simulasi dengan jumlah 2 buah manekin Full Body, 4 buah manekin Half Body, 4 buah manekin Baby .Manekin tersebut merupakan bantuan dari pihak AMDA yang diberikan kepada Amsa-Unsyiah.

5. Finance

    • Chief: Hidayatul Zayyana
    • Secretary: Farah Maulida Martha

Finance adalah salah satu dari tujuh departemen AMSA-Unsyiah. Finance adalah sumber pendanaan dari AMSA – Unsyiah, kerjasama dan sponsorhip. Tugas dari Finance sendiri berfokus pada penjualan produk, seperti stiker, notebook dan banyak lainnya. Finance juga bertugas untuk membangun kerjasama dengan beberapa institusi maupun perusahaan untuk memudahkan kegiatan dalam AMSA-Unsyiah maupun promosi AMSA-Unsyiah ke masyrakat luas.

Beberapa program kerja departemen finance lainnya yaitu menjual merchandise AMSA-Indonesia karena AMSA-Unsyiah merupakan turunan dari AMSA-Indonesia, dan menjual baju pdh yang dapat digunakan sebagai tanda identitas member AMSA yang biasa digunakan dalam berbagai acara AMSA.

"Let's earn money and build the cooperation. We are the moneymakers.."


6. Publication and Promotion (PnP)


    • Chief: Alyauma Akmal Kalani
    • Secretary: Dera Senti Agchani

Departemen Publication and Promotion merupakan departemen yang bergerak dalam bidang desain, publikasi serta promosi. Dalam lingkup kerjanya PnP bertugas mempublikasikan segala kegiatan AMSA – Indonesia maupun AMSA – Unsyiah baik dalam kegiatan internal maupun eksternal, dan juga mengupdate informasi yang diperlukan oleh seluruh member. Dalam hal promosi PnP bekerjasama dengan Non Government Organization (NGO) untuk mempublikasikan kegiatan dan mempromosikan AMSA – Indonesia maupun AMSA – Unsyiah ke masyarakat luas.

Beberapa program kerja PnP AMSA - Unsyiah antara lain; Greeting Cards, Mading AMSA, Promotional Video, Monthly Fact, Pelatihan Desain Poster Publik, Photo and Short Video Competition, dan Media Sosial serta Website. Hal terpenting dari fungsi PnP ini bukan hanya sebagai media publikasi dan promosi saja, tapi juga mencatat dan menjadi bukti setiap kejadian dalam AMSA – Unsyiah, seperti slogan kami,

“We do more than just publication, we make memories”.


7. Community Outreach (CO)


    • Chief: Irvan Rizky
    • Secretary: Chaira Sultana Mazaya

            CO (Community Outreach) adalah salah satu departemen dalam AMSA-Unsyiah yang berfokus pada aksi dan setiap programnya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan dalam masyarakat maupun kesehatan masyarakat itu sendiri, dengan cara memberikan konsultasi kesehatan dan juga kesehatan sosial secara langsung. Program kerja terbesar dari CO AMSA-Unsyiah adalah MASATER.

            Community Outreach juga banyak memberikan penyuluhan serta pemeriksaan yang disalurkan dalam program kerja tahun ini, seperti Sekolah Binaan, AIDS Day, Hari Tanpa Rokok dan lainnya. Seluruh program kerja CO juga bertujuan untuk mengutamakan kesehatan masyarakat yang berawal dari hal-hal kecil untuk membangkitkan kesadaran akan menjadi masyarakat yang sehat.

            Selain berdampak langsung pada masyarakat, CO juga membantu untuk mengembangkan skill mahasiswa kedokteran untuk lebih mengambil pengalaman dari skill cara pemeriksaan maupun penyuluhan dimana terdapat pada program kerja CO.

“We dare you to contribute for a better health! let's do it with CO!”


Advisory Board

  • Javier Arrazi
  • Ikhsanuddin Basili
  • Chaira Al Kanzi
  • Iswan Ramdhana
  • Aqil Yuniawan Tasrif
  • Mala Hayati
  • Muhammad Dipi Abdallah

Advisory Board merupakan member senior AMSA-Unsyiah yang memiliki peran sebagai pemberi saran kepada PB dan EB yang menjabat sehingga AMSA-Unsyiah akan selalu berkembang menjadi lebih baik hingga tahun-tahun kedepannya.



  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada   
    allah s,w,t
    dan terimah kasih banyak aki atas bantuan nomor togel nya,yang aki berikan,singapura.4D,(((4573))) alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus aki.dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga bank bri dan bukan hanya itu aki. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan aki..
    sekali lagi makasih banyak ya aki bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi aki soleh,,di no cll (((082-313-336-747)))
    insya allah anda bisa seperti saya menang togel 275
    juta, wassalam.
    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan sendiri,
    Ada Solusi yang tepat jangan anda putus asah AKI SOLEH akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D 3D 4D 5D 6D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082313336747)))
      KLIK DISINI

    Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
    No WA Aki : 082313336747

      KLIK DISINI INfO PESUGIHAN PUTIH
    angka GHOIB: singapura 2D/3D/4D/
    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
    angka GHOIB; malaysia
    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
    angka GHOIB; laos

    ReplyDelete