World Pneumonia Day 2015 AMSA-Unsyiah dan IDAI

By AMSA Unsyiah - March 12, 2016

              Banda Aceh- Asian Medical Students' Assosiation (AMSA) , Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala dan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) Aceh, Banda Aceh mengadakan acara World Pneumonia Day (WPD) 2015 dalam memperingati hari Pneumonia Sedunia yang bertemakan "Fight Pneumonia, Save The Children" pada tanggal 21-22 November 2015, yang diketuai oleh dr. Nurjannah, Sp. A (K).
             Tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang pneumonia pada anak kepada dokter spesialis anak, dokter umum, petugas kesehatan, mahasiswa kedokteran, Ibu-Ibu PKK dan Dharma Wanita serta kader kesehatan. Rangkaian acara ini berisikan seminar Pneumonia untuk Medis dan Paramedis di Aula Balai Kota Banda Aceh dan Seminar Awam tentang Pneumonia di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Aceh yang diadakan pada tanggal yang sama, yaitu 21 November 2015.
            Seminar awam ini langsung di buka oleh Ibu Walikota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa'aduddin Djamal, S. E. Esok harinya, pada tanggal 22 November 2015, diadakan kampanye pneumonia (Pencanangan World Pneumonia 2015) di Blangpadang yang dicanangkan oleh Bapak Dirjen Kementrian Kesehatan atas nama Menkes. 
            Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah berupa senam jantung sehat yang diikuti oleh seribuan masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan Live Streaming 6 Provinsi (Jogja, Banten, Palembang, Padang, Kalimantan dan Aceh) di Aula Balai Kota Banda Aceh. Melalui rangkaian kegiatan ini diharapkan tenaga kesehatan mempunyai pengetahuan tentang aspek preventif, promotif dan kuratif pneumonia serta memberikan edukasi pada masyarakat luas mengenai gejala, cara deteksi dini dan pencegahan pneumonia pada anak.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments