World Diabetes Day: Less Sugar for a Better Life 2014

By AMSA Unsyiah - November 15, 2015


Banda Aceh Asian Medical Student Assosiation (AMSA) Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK Unsyiah) turut serta memeriahkan hari diabetes sedunia atau World Diabetic Day (WDD), yang jatuh pada tanggal 14 November setiap tahunnya. Tentunya sebagai organisasi yang memayungi mahasiswa kedokteran se-Asia, AMSA turut menunjukan kepeduliannya terhadap penyakit diabetes yang masih menjadi momok bagi masyarakat Asia umumnya, dan daerah Aceh khususnya.
Acara yang merupakan program kerja dari divisi Public Health (PH) AMSA FK Unsyiah ini dilaksanakan tiga hari berturut-turut, yakni mulai tanggal 14-16 November 2014. Adapun rangkaian acara yang dilaksanakan oleh panitia berupa pembagian brosur edukasi diabetes di sekitar lapangan Blang Padang, Masjid Raya Baiturahman dan Taman Sari dilakukan pada tanggal 14 November 2014.
Selanjutnya, pada tanggal 15 dan 16 Desember 2014, panitia menyelenggarakan pemeriksaan gula darah (gluko check) gratis, orasi mengenai penyakit diabetes, dan melakukan wawancara dengan pengunjung lapangan Blang Padang. Selain itu, panitia juga membuat mading yang isinya masih terkait dengan diabetes pada salah satu sudut lapangan.
Ketua panitia WDD AMSA FK Unsyiah, Cut Radita Milati, mengungkapkan bahwa acara berlangsung lancar dan antusiasme masyarakat terhadap acara WDD ini juga tinggi, terbukti dengan banyaknya jumlah pengunjung lapangan Blang Padang yang mengunjungi stand gluko check AMSA.

Selain antusiasme yang tinggi, angket hasil wawancara menunjukan bahwa masyarakat mengingikan acara semacam ini lebih sering dilaksanakan karena bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan. Dan edukasi yang disampaikan-pun bagus. Begitulah kesan masyarakat melalui wawancara yang disampaikan oleh Salsabila, sekretaris panitia WDD AMSA FK Unsyiah. (HS)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments